Tips Memancing Ikan Patin

Tips Memancing Ikan Patin – Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ikan patin dapat Anda beli dnegan mudah di pasar maupun di kolam budidaya, namun bukan berarti bahwa Anda tidak dapat memancing ikan patin di alam liar maupun kolam pemancingan.

Kali ini MantaPancing akan memberikan ulasan dan tips memancing ikan patin yang baik dan benar sehingga Anda lebih mudah strike dan mendapatkan banyak ikan. Yuk langsung simak saja selengkapnya!

Umpan Ikan Patin

Umpan Ikan Patin

Sebelum memancing ikan patin, ada baiknya jika Anda memulai dari menyiapkan umpan yang sesuai dan disukai oleh ikan yang satu ini.

Ikan patin menyukai umpan alami seperti cacing, udang kecil, potongan daging ikan kecil, hingga kroto. Bahkan jika Anda tidak malas untuk membuat umpan, Anda dapat mencoba meracik umpan sendiri dengan beberapa bumbu penyedap dan pelet serta campuran umpan alaminya.

Memilih Spot Ikan Patin

Memilih Spot Ikan Patin

Berikutnya adalah bagaimana caranya untuk menentukan spot ikan patin yang benar. Spot ini sangat mempengaruhi kemungkinan umpan Anda disambar oleh ikan patin.

Umunya ikan patin dapat Anda temukan secara alami di habitat aslinya seperti rawa-rawa, perairan payau hingga sungai-sungai.

Untuk daerah danau atau rawa Anda dapat mencari spot dimana terdapat pohon yang sudah tumbang didekat air. Biasanya ikan patin menyukai spot-spot dekat pohon-pohon tumbang tersebut.

Selain itu ikan patin yang berdiam di daerah rumpon atau pohon tumbang tersebut biasanya juga memiliki ukuran yang besar-besar.

Untuk perairan lainnya, Anda dapat mencari daerah yang mana terdapat jebakan untuk menangkap rajungan, kepiting atau hewan lainnya. Biasanya ikan patin suka bergerombol ditempat dimana banyak bau amis daging ikan.

Jika Anda memilih spot memancing di waduk atau danau yang cukup besar, coba untuk mencari tempat di pinggiran danau atau waduk yang mana daerahnya cukup dalam. Biasanya ikan patin berada di daerah tersebut.

Baca Juga:  Tips Memancing Ikan Mas

Tips Memancing Ikan Patin

Tips Memancing Ikan Patin

Setelah Anda menyiapkan umpan dan mengetahui lokasi memancing Anda, berikutnya mengetahui informasi serta teknik dan tips yang digunakan untuk mempermudah mendapatkan ikan patin sangatlah penting. Berikut merupakan beberapa tips dan tekniknya.

  • Ikan patin memiliki karakteristik yang cukup panjang dan besar, oleh karena itu kami merekomendasikan Anda menggunakan pancingan yang tidak hanya kuat namun fleksible dan lentur.
  • Gunakanlah mata kail pancing yang kecil.
  • Tips yang selanjutnya adalah menggunakan pemberat dengan lubang di bagian tengah. Hal ini karena pemberat penting untuk menentukan umpan telah termakan atau tidak dan juga stabil saat didiamkan.
  • Pastikan juga jarak kail dan pemberat atau pelampung ini cukup jauh.
  • Berbeda dengan beberapa ikan lainnya, ikan patin merupakan jenis yang cukup sulit di pancing. Salah satu tips saat pancingan Anda tersentuh ikan atau tergerak, hentakan pancing Anda dengan gerakan yang tiba-tiba agar ikan melahapnya.
  • Ikan patin merupakan salah satu ikan yang aktif pada malam hari sehingga waktu yang paling tepat untuk memancing ikan patin adalah mulai dari sore hari hingga malam.
Baca Juga:  Tips Memancing Ikan Bawal

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai tips memancing ikan patin di berbagai habitatnya seperti waduk, sungai, dan daerah rawa. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih karena telah berkunjung di MantaPancing dan kami berharap bahwa Anda menikmati kunjungan Anda di website kami.

Tinggalkan komentar