Tips Memancing Belut Yang Ampuh Dan Benar

Tips Memancing Belut – Belut merupakan sala satu hewan yang dicari oleh masyarakat indonesia untuk dikonsumsi dagingnya. Belut umunya dapat Anda temukan pada lubang atau gorong-gorong di perairan seperti sawah, sungai, parit, dan tempat lainnya.

Selain itu dagingnya yang enak dan juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi per kilogramnya menjadikannya salah satu makanan favorit di Indonesia.

Namun tahukah Anda bagaimana sih sebenarnya untuk memancing atau mendapatkan belut langsung di alam liar? Kali ini MantaPancing akan memberikan tips memancing belut yang ampuh dan benar.

Persiapkan Peralatan Yang Benar

Sebenarnya apa saja yang diperlukan untuk memancing belut dengan benar? Berikut merupakan hal-hal penting yang harus Anda siapkan sebelum memulai memancing belut di alam liar.

Kail

Kail

Yang paling pertama harus Anda pahami dalam memancing belut adalah kail yang digunakan untuk memancingnya berbeda dengan kail yang biasanya digunakan untuk memancing ikan. Hal ini karena belut biasanya ditemukan pada lubang tanah yang cukup dalam dan akan membuat Anda sulit menariknya maupun dapat lepas dengan mudah apabila Anda menggunakan jenis kail yang salah.

Belut memiliki daya tarik yang cukup kuat dan bahkan lebih kuat dari ikan di sungai pada umumnya, hal ini yang membuat kail menjadi salah satu alat terpenting untuk dapat memancingnya.

Anda harus menggunakan kail yang melengkung berbentuk huruf J, atau Anda dapat menggunakan alumunium maupun kawat yang And abentuk sendiri dengan huruf J. Hal ini berguna untuk mengunci mulut belut yang Anda pancing agar tidak mudah terlepas saat memakan umpan yang Anda berikan.

Senar

Senar

Untungnya untuk memancing belut, Anda tidak memerlukan pancingan khusus dan cenderung menggunakan bahan-bahan yang murah. Anda dapat menggunakan senar pancing yang tebal (sekitar 0,45mm), maupun menggunakan bahan sejenis lainnya, pastikan Anda menggunakan bahan yang enak untuk menariknya dengan tangan atau Anda menggunakan sarung tangan untuk meminimalisir gesekan senar pada tangan Anda.

Setelah Anda mendapatkan senar dan kail yang sesuai, Anda tinggal mengikat dengan erat kail tersebut dengan senar yang telah Anda siapkan tadi, maka alat pancing Belut Anda sudah siap digunakan.

Baca Juga:  5 Jenis Ikan Mas Terpopuler Beserta Harganya

Umpan

Umpan belut

Terdapat berbagai macam jenis belut yang dapat Anda temukan di sungai maupun sawah. Meskipun demikian, biasanya mereka memiliki jenis makanan yang tidak jauh berbeda. Namun untuk membuat umpan Anda dapat memberikan efek yang lebih maksimal saat memancing belut, Anda dapat menggunakan umpan yang dapat Anda temukan di area tempat Anda ingin memancing belut.

Misalkan saja Anda akan memancing belut di sawah, maka Anda dapat menggunakan umpan keng kecil, katak kecil, hingga ikan-ikan kecil di sekitar daerah sawah tersebut. Kemudian bila Anda ingin memancing di daerah sungai yang mungkin saja belutnya memiliki ukuran yang lebih besar dari belut sawah, Anda dapat menggunakan cacing dengan ukuran yang cukup besar dan kepiting kecil.

Ciri-Ciri Lubang Belut

Ciri-Ciri Lubang Belut

Setelah Anda mempersiapkan semua hal yang diperlukan untuk memancing belut, Anda harus mencari dan bisa membedakan manakah tempat belut bersarang dan bukannya sarang ular yang Anda pancing. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri sarang belut di berbagai alam liar.

  1. Biasanya sarang belut memiliki tekstur lubang yang halus pada bagian permukaanya.
  2. Kemduian lubang tersebut menjorok kedalam tanah.
  3. Bentuk lubangnya berbentuk bulat menandakan ukuran belut yang ada di dalamnya.
  4. Hindari mencari lubang yang mengarah bukan ke dalam namun ke samping, hal ini biasanya sarang mahluk lain (apabila Anda menemukan lubang bulat sempurna di samping sawah dan cukup dalam, itu merupakan sarang belut juga).
  5. Untuk daerah sungai dan parit, biasanya mereka bersembunyi di pinggiran perairan tersebut.

Cara Memancing Belut

Cara Memancing Belut

Berikut merupakan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memancing belut.

Memancing Belut di Sawah (lubangnya langsung)

Untuk cara mancing belut yang pertama adalah ketika Anda berhasil mengidentifikasi sarang belut secara langsung. Inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan

  1. Masukkan umpan dan kail kedalam lubang tersebut secara perlahan.
  2. Apabila Anda merasakan tarikan, jangan terburu-buru untuk menariknya.
  3. Tunggu hingga tarikan seperti semakin kencang kurang lebih 10-20 detik lamanya.
  4. Hal ini karena bisa saja belut hanya mencoba mematok umpan dan belum melahap sepenuhnya.
  5. Setelah itu barulah Anda tarik sekuat tenaga belut tersebut.
Baca Juga:  5 Jenis Ikan Arwana Termahal, Ada Yang Sampai Miliaran!

Memancing Belut di Sungai dan perairan lainnya

Untuk langkah yang berikut, Anda perlu menambahkan joran bisa menggunakan kayu maupun bahan lainnya yang lebih kuat. Berikut langkah lengkapnya.

  1. Carilah spot atau tempat yang tidak begitu dangkal namun tidak juga terlalu dalam pada pinggiran perairan.
  2. Kemudian tunggu hingga umpan disambar, ingat untuk tidak terlalu terburu-buru untuk diangkat.
  3. Setelah itu barulah Anda angkat sekuat tenaga.

Akhir Kata

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk memancing belut? Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih karena telah berkunjung di MantaPancing segala kritik dan saran akan kami terima dengan baik. Sampai bertemu dengan ulasan menarik lainnya.

Tinggalkan komentar