Ikan Pemakan Lumut

Ikan Pemakan Lumut – Saat Anda memilihara ikan hias, baik itu menggunakan media akuarium maupun kolam, tentunya Anda ingin menjaga lingkungan dan kualitas air dengan baik. Hal ini berfungsi supaya air tidak perlu diganti dengan cepat karena kotoran ikan maupun sisa-sisa makananya.

Selain itu, akuarium dan kolam Anda dapat ditumbuhi oleh mikroorganisme hingga tumbuhan seperti lumut yang dapat merusak ekosistem akuarium atau aquaspace Anda. Itulah beberapa alasan mengeapa kadang diperlukan ikan pemakan lumut. Kali ini MantaPancing akan membahas mengenai jenis ikan yang dapat Anda manfaatkan untuk keperluan tersebut!

Ikan Sapu-sapu

Ikan Sapu-sapu

Ikan sapu-sapu atau juga sering disebut sebagai ikan bandaraya yang merupakan famili dari loricariidae merupakan ikan yang berasal dari wilayah Amerika Selatan. Ikan ini sangat terkenal di Indonesia sebagai salah satu pelengkap ekosistem dari ikan akuarium, aquaspace, hingga kolam ikan. Hal ini karena ikan yang satu ini merupakan ikan yang memakan lumut. Sehingga ikan ini dapat memakani lumut atau beberapa mikroorganisme tumbuhan sejenis.

Selain itu hal lain yang membuat ikan yang satu ini begitu populer adalah ikan ini tidak suka memakan ikan lain dan daoat hidup bersama denganberbagai macam jenis ikan lainnya. Sehingga sangat fleksibel untuk ditemoatkan diberbagai macam media akuarium beserta varian ikan yang bermacam-macam.

Ukuran tubuh ikan sapu-sapu juga tidak terlalu besar sehingga tidak akan membuat akuarium Anda menjadi terlalu sesak. Meskipun beberapa sumber mengatakan ikan sapu-sapu di habitat aslinya dapat mencapai panjang hingga lebih dari 60cm, umumnya ikan yang Anda beli dipasaran hanya akan memiliki panjang sekitar 5-10 cm saja.

Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

Selanjutna merupakan ikan SAE yang memiliki karakteristik tubuh yang lebih kecil dan juga memiliki warna yang lebih bervariasi dan cantik dibandingkan dengan ikan sapu-sapu. Ikan ini juga merupakan salah satu ikan pemakan lumut yang sangat populer di kalangan pecinta aquarium. Ikan ini suka memakan sisa tumbuhan maupun lumut yang mulai tumbuh di habitatnya dan juga sangat friendly dengan ikan-ikan lainnya.

Hal yang luar biasa lagi adalah ikan SAE memakan cacing pipih yang merupakan cacing yang dapat merusak habitat dan ekosistem dalam akuarium Anda. Sehingga apabila Anda membeli ikan ini, terdapat banyak sekali benefit yang dapat Anda peroleh seperti menjadi ikan hias sekaligus ikan pembersih lumut dan juga memakan cacing pipih yang merugikan ekosistem ikan.

Baca Juga:  Cara Merawat Kolam Ikan Koi

Ikan Otocinclus

Ikan Otocinclus

Ikan yang selanjutnya merupakan ikan jenis Otocinclus atau lebih sering disebut sebagai dwarf sucker atau ikan oto. Ikan ini memiliki ikuran yang kecil dan biasanya disarankan untuk membeli atau menyatukan ikan ini tidak sendirian melainkan dalam jumlah yang berkelompok seperti 3-5 ikan karena ikan ini hidup berkelompok di habitat aslinya Brazil.

Ikan ini berfungsu sebagai penjaga ekosistem akuarium Anda untuk memakan lumut dan juga memiliki perpaduan yang baik untuk diletakkan bersama ikan hias lainnya. Hal ini karena ukuran dan variasi coraknya yang cukup menarik sehingga dapat dikategorikan sebagai ikan hias juga.

Baca Juga:  Cara Merawat Alat Pancing

Ikan Molly

Ikan Molly

Rekomendasi ikan selanjutnya adalah ikan Molly. Ikan ini juga berukuran kecil dan memiliki beberapa macam warna yang cukup menarik. Ikan ini juga merupakan salah satu ikan yang memakan ganggang. Banyak sekali para peicnta akuarium yang juga memelihara ikan ini sebagai ikan hias.

Namun kekurangan dari ikan yang satu ini adalah jika Anda ingin memelihara ikan ini ada baiknya jika Anda memiliki akuarium dengan kapasitas yang besar dan dengan ekosistem yang bagus dengan bebatuan dan tanaman di dalamnya. Hal ini karena meskipun ikan molly merupakan ikan yang dapat membersihkan akuarium, ikan ini akan mudah stress pada akuarium kecil. Hal ini akan membuat ikan pudar warnanya serta cepat mati.

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi ikan pemakan lumut yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam membuat ekosistem yang baik dalam membuat akuarium maupun aquaspace Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya mengenai ikan hias hanya di MantaPancing!

Tinggalkan komentar