Cara Merawat Alat Pancing

Cara Merawat Alat Pancing – Bagi Anda para pemacing, senar dan bagian-bagian alat pancing seperti kail, reel, dan joran merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan. Alat pancing yang baik dan kuat serta fleksibel dan lentur dapat membantu Anda untuk mendapatkan ikan dengan lebih mudah.

Namun sudahkah Anda mengetahui bagamana cara merawat alat pancing Anda dengan baik dan benar? Berikut merupakan ulasannya.

Cara Merawat Senar Pancing

Cara Merawat Senar Pancing

Tentunya senar yang Anda beli atau gunakan di pancing dapat menjadi rusak dan Anda harus tau bagaimana cara menanganinya. Sering kali senar akan menjadi keriting dan kusam atau menjadi susah untuk dilempar saat memancing. Berikut merupakan beberapa tips dan trick dalam merawat senar pancing Anda.

Air Teh

Air teh ternyata dapat berguna untuk membuat senar Anda menjadi kuat dan baik lagi. Caranya sangatlah mudah, Anda cukup membuat air teh hangat kemudian masukan teh jenis tubruk dan aduk hingga warnanya merata.

Setelah proses pembuatan teh tersebut selesai, kemduian Anda dapat merendam atau memasukkan senar pancing yang ingin Anda perbaiki atau sudah kusut.

Kemudian langsung saja rendam senar Anda dan tunggu hingga beberapa saat. Maka senar pancing Anda yang sudah kusut dan lama tidak terpakai akan menjadi seperti senar yang normal dan dapat Anda gunakan kembali.

Kain dan Shampo

Yang berikutnya adalah dengan menggunakan kain dan shampo. Metode yang satu ini juga terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kain bersih dan berikan shampo cair.

Kemudian lap atau olesi senar yang ingin Anda perbaiki menggunakan kain dan shampo tersebut. Lakukan hingga merata secara keseluruhan. Setelah itu tinggal keringkan dan tunggu hingga senar dapat Anda gunakan lagi. Tips yang satu ini merupakan yang paling populer dikalangan pemancing.

Baca Juga:  Alat Penangkap Ikan Modern

Cara Merawat Kail

Cara Merawat Kail

Berikutnya merupakan cara merawat kail Anda dengan baik dan benarr. Kail sebenarnya memiliki harga yang cukup murah namun tentu saja akan repot jika Anda harus membelinya terus menerus. Alangkah baiknya apabila Anda tahu bagaimana cara merawat kail pancing Anda.

Cara membersihkannya sendiri cukup mudah, yaitu Anda dapat membilas atau membersihkan dengan air bersih dari sisa-sisa umpan yang Anda gunakan. Kemudian bersihkan dengan kain yang bersih hingga kering. Setelah itu langsung simpan pada kotak kail Anda atau tempat aman lainnya karena kail yang sembarangan ditaruh dapat berbahaya untuk keluarga Anda apalagi jika banyak anak kecil.

Hal ini juga penting dilakukan supaya kail pancing Anda tidak mudah berkarat.

Cara Merawat Reel

Cara Merawat Reel

Yang berikutnya merupakan cara merawat reel Anda dengan baik dan benar. Tentunya apabila Anda ingin tidak terjadi kendala maupun alat pancing Anda tidak cepat rusak, Anda harus memperhatikan bagian reel.

Umumnya reel dapat dipasang maupun dilepas dengan cukup mudah, untuk membersihkannya Anda dapat menyiapkan kanebo atau kain bersih dengan sabun atau shampo. Lapkan cairan pembersih tersebut ke kain bersih dan bersihkan reel dari sisa kotoran setelah Anda memancing.

Dengan melakukan kegiatan ini secara berkala akan membuat alat pancing Anda lebih awet dan tidak terjadi kendala penarikan saat melakukan aktivitas memancing.

Baca Juga:  Alat Pancing Tradisional

Cara Merawat Joran

Cara Merawat Joran

Selanjutnya adalah cara merawat joran Anda. Tentunya joran juga perlu Anda bersihkan dari kotoran setelah Anda memancing maupun setelah melalui cuaca gerimis atau hujan. Cairan air yang mengendap di bagian joran atau tegek Anda akan membuat joran Anda jadi lebih mudah rusak. Cara paling gampang membersihkannya dengan membilas air bersih lalu keringkan.

Setelah itu pastikan Anda menempatkan joran Anda dengan baik agar tidak mudah jatuh maupun di posisi yang salah sehingga dapat merusak atau membengkokan joran pancing Anda.

Akhir Kata

Itulah informasi bagaimana cara merawat alat pancing Anda dengan baik dan benar. Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel memancing dan ikan menarik lainnya hanya di MantaPancing!

Tinggalkan komentar