Budidaya Ikan Patin

Budidaya Ikan Patin – Ikan patin merupakan salah satu ikan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi karena dagingnya yang cukup tebal dan harganya yang ekonomis. Selain itu ikan yang satu ini juga memiliki nilai gizi dan nutrisi yang baik seperti glisin, isoleusin, serin, asam amino, dan kandungan lainnya.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan ikan patin cukup banyak dibudidayakan. Terdapat banyak sekali cara dan kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah proses budidaya ikan yang satu ini. Kali ini MantaPancing akan membahas mengenai cara budidaya ikan patin yang mudah dan baik untuk pertimbangan serta membuka wawasan Anda yang ingin berbisnis ikan yang satu ini.

Persiapan Kolam Ikan Patin

Persiapan Kolam Ikan Patin

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan budidayanya adalah tentunya menyiapkan media atau wadah untuk dijadikan kolam tempat ikan patin berkembang. Jenis kolam yang dapat Anda gunakan misalnya kolam terpal, kolam tanah, kolam semen/tembok, kolam apung di sungai atau rawa dan bermacam-macam kolam lainnya.

Sebelum memasukkan bibit ikan, Anda harus membersihkan kolam tersebut agar terhindar dari bakteri dan penyakit dan memberikan lingkungan atau kualitas kolam yang baik untuk ikan patin bertumbuh dengan baik. Jika Anda menginginkan untuk membuat kolam dari tanah, kami merekomendasikan menggunakan jenis tanah yang tidak mudah bocor dan dapat menahan kadar air.

Jangan lupa untuk mengeringkan dan memupuk tanah dahulu yang memakan proses kurang lebih selama 2 minnggu. Jika Anda menggunakan kolam apung cari tempat yang sesuai untuk mengontrolnya seperti pinggiran sungai atau perairan lainnya. Arusnya juga harus disesuaikan jangan yang terlalu deras.

Gunakan air yang berkualitas baik atau bersih untuk pengairan kolam ikan patin buatan seperti kolam tanah, terpal, dan semen.

Penyebaran Benih Ikan Patin

Penyebaran Benih Ikan Patin

Anda dapat tebarkan benih yang berkualitas baik yang sudah Anda beli dan pilih dengan ciri-ciri ikannya lincah, tidak memiliki warna yang berbeda dan badan yang cacat, serta memiliki ukuran yang sama antar benih satu dan benih lainnya. Jangan lupa untuk menebarkan benih ikan patin dengan takaran yang sesuai berdasarkan ukuran kolam Anda. Kami merekomendasikan Anda untuk menebar sekitar 30-33 ekor ikan untuk setiap meter persegi.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Gabus

Perawatan Ikan Patin

Perawatan Ikan Patin

 

Untuk dapat sukses dalam melaksanakan budidaya ikan patin, alangkah baiknya Anda mengetahui berbagai macam hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat ikan patin.

  • Berikan pakan ikan yang baik dan berkualitas. Hal ini supaya pertumbuhan ikan lebih cepat dan dapat tumbuh besar dengan baik. Anda dapat menggunakan pelet yang dapat Anda beli di toko ikan terdekat maupun menambahkan pakan alami yang kaya protein seperti potongan ikan kecil, bekicot sawah, keong kecil di sawah, dan makanan alami lainnya untuk penambahan gizi dan menghemat biaya.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan makanan dengan takaran yang tepat, jangan terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Kami merekomendasikan Anda untuk memberi makan pagi dan sore hari. Untuk berapa banyak tergantung dari bobot sample ikan Anda, yaitu sekitar 3-5% dari bobot ikan Anda.
  • Usahakan mencari perairan yang tenang dan jauh dari kebisingan, hal ini karena ikan patin merupakan ikan yang mudah panik dan stress.
  • Kontrol wilayah kolam ikan dari predator alami seperti ular.
  • Kontrol kesehatan ikan dengan melakukan pengambilan sampel setiap beberapa minggu untuk melihat kondisinya terserang penyakit atau tidak.
Baca Juga:  Budidaya Ikan Kerapu Investasi Dengan Keuntungan Besar

Panen Ikan Patin

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang cukup cepat untuk dapat dipanen yaitu memakan waktu sekitar 3-4 bulan. Selain itu bergantung dari keberagaman berat ikan, Anda akan perlu menyeleksi mana yang sudah layak untuk dipanen. Gunakan penjaring atau alat tangkap ikan yang besar untuk memanen ikan yang satu ini karena ikan patin cukup dapat melukai tangan Anda apabila tidak memegangnya dengan benar.

Akhir Kata

Itulah tips dan trick serta cara budidaya ikan patin untuk pemula dengan baik dan benar. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dan bermanfaat dalam memberikan gambaran terhadap budidaya ikan patin. Terima kasih karena telah berkunjung di MantaPancing dan sampai berjumpa di artikel ikan dan memancing menarik lainnya!

Tinggalkan komentar